Minggu, 01 Februari 2015

Paragraf Eksposisi

Teknologi Tepat Guna (TTG)

Tesis :
            Penggunaan teknologi tepat guna di zaman yang sudah modern ini sudah seharusnya  diterapkan di segala bidang, terutama di Indonesia. Hal ini bertujuan untuk membantu para masyarakat sehingga dapat meningkatkan produktivitas karena dengan bantuan teknologi tepat guna akan membuat sesuatu menjadi lebih cepat dan juga menjadi memiliki nilai tambah. Saat ini sudah banyak teknologi yang diciptakan oleh masyarakat, khususnya di Indonesia, di berbagai bidang, seperti dibidang transportasi, dibidang pendidikan, pertanian, peternakan, dibidang usaha kecil dan menengah, dibidang keuangan, dan sebagainya. Akan tetapi, belum banyak masyarakat yang mampu mengaplikasikan teknologi tepat guna. Untuk itu rasanya perlu akan penerapan teknologi tepat guna, salah satunya di bidang pendidikan, agar ke depannya generasi muda Indonesia bisa mahir dalam menggunakan teknologi tepat guna.

Argumentasi :
Banyak teknologi tepat guna yang dapat diterapkan di dunia pendidikan serta yang bisa diajarkan kepada siswa siswi sejak dari duduk di bangku sekolah. Seperti penggunaan teknologi komputer dan penerapannya di sekolah. Perangkat komputer merupakan salah satu teknologi tepat guna yang paling banyak digunakan, namun hanya sebagai di lingkungan kerja. Akan tetapi, dengan penerapan kurikulum belajar di tingkat sekolah yang sudah semakin naik standarisasinya, penerapan komputer dan mata pelajaran tentang sudah selayaknya menjadi pelajaran wajib di sekolah. Pada awalnya, para siswa siswa bisa diajarkan bagaimana cara menjalankan komputer, lalu cara mengetik, cara menyimpan data, cara mentransfer data, lalu bertahap tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Dengan begitu, akhirnya para siswa dan siswi bisa menjadi mahir dalam menggunakan salah satu teknologi tepat guna. Ketika sudah mahir, mereka akan dapat lebih mudah untuk menggunakan teknologi-teknologi yang lain, serta dapat mengkombinasikannya sehingga menjadi nilai tambah tersendiri.

Contohnya mengkombinasikan perangkat komputer dengan layar proyektor, agar membuat presentasi kelompok belajar sekolah menjadi lebih menarik untuk dilihat, dan menjadi nilai  tambah dari guru, baik dari sisi penggunaan teknologi dan kreativitas siswa dalam menyajikan tampilan presentasi. sehingga pada akhirnya mereka akan terbiasa dalam menggunakan teknologi dan dapat secara tepat digunakan/dimanfaatkan di kehidupan sehari-hari.

Penegasan :
Maka dari itu, pembelajaran akan teknologi sejak usia sekolah sangat dianjurkan di kehidupan yang sudah modern ini, agar para generasi muda Indonesia menjadi individu-individu yang pintar dan dapat mengikuti perkembangan di zaman globalisasi ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar